Saturday, 27 July 2024
  • slide_0
    Customer Focus;
    Medahulukan kepentingan pelanggan internal maupun eksternal dibandingkan kepentingan pribadi dalam pelaksanaan kerja sehari - hari
  • slide_1
    Integrity;
    Bersikap jujur, perilaku disiplin dan penuh tanggungjawab, baik menyangkut disiplin waktu kerja, maupun pelaksanaan kerja sesuai tuntutan jabatan dan prosedur kerja
  • slide_2
    Innovative;
    Menghasilkan ide-ide yang dapat digunakan untuk mempercepat proses transformasi PERUSAHAAN, serta terbuka terhadap metode-metode baru dalam analisis dan penyelesaian masalah
  • slide_3
    PEOPLE;
    Your human quality is in what you do, and your knowledge is in what you say. (Imam Ghazali)
  • slide_4
    ORGANIZATION;
    Every company has two organizational structures: The formal one is written on the charts; the other is the everyday relationship of the men and women in the organization. (Harold S. Gene)
  • slide_5
    RESOURCES;
    Being gifted creates obligations, which means you owe the world your best effort at the work you love. You too are a natural resource. (Barbara Sher)
  • slide_6
    APPRECIATION;
    Your work is to discover your world and then with all your heart give yourself to it. (Buddha)
  • slide_7
    PERFORMANCE;
    Try not become a successful man but try to be a useful human being. (Einstein)
  • slide_8
    EFFECTIVENESS;
    Efficiency is doing things right. Effectiveness is doing the right thing. (Zig Ziglar)

Kata Bos CMNP soal Wacana Sandiaga Uno Gratiskan Tol

Source : detik.com Fri, 2 Nov 2018

Foto: Ardan Adhi Chandra/detikFinance


Jakarta - Direktur Utama PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) Tbk Tito Sulistio angkat bicara soal wacana calon Wakil Presiden, Sandiaga Uno, menggratiskan jalan tol. Menurut Tito, pembebasan tarif jalan tol bisa dilakukan oleh pemerintah jika biaya pembangunannya menggunakan APBN, namun jika dana pembangunannya menggunakan investasi swasta, maka lain lagi ceritanya.


"Prinsipnya, kalau pemerintah bangun jalan sendiri, di-operate sama Jasa Marga, lalu digratisin, boleh-boleh saja. Tapi kalau swasta, duduk dong dan jangan seenaknya, setelah 30 tahun terus digratisin. Lalu, kalau shareholders saya nggak bagi dividen tapi membantu support pemerintah dengan membangun lebih banyak tol, jangan diputuskan hubungan pertama (lama ) dan kedua (baru) dong," kata Tito kepada detikFinance dalam wawancara eksklusif di Jakarta, Rabu (31/10/2018).

Lanjut Tito, wacana penggratisan tol bisa memberikan sentimen negatif untuk bisnis tol di masa depan bagi investor. Pasalnya, investor bisa mendapatkan ketidakpastian akan keberlanjutan investasinya di Indonesia.

"Jangan ngomong begitu kenapa sih? Tiba-tiba ada yang ngomong nanti 30 tahun selesai kita gratisin. Orang yang mau invest kan nanya, maksudnya apa. Jangan berbicara negatif di masa depan dan menimbulkan uncertainty. Karena kalau uncertainty menyebabkan instability. Instability menyebabkan orang berpikiran jangka pendek. Orang jangka pendek akibatnya mencetak high cost. High cost akan menyebabkan inflasi. Inflasi akan buat depresi, jangan dong," katanya.

"Kita itu nggak sadar, kalau seorang pemimpin atau calon pemimpin itu ngomong, itu akan ada dampaknya ke bisnis. Maksudnya, siapapun pemimpin atau calon pemimpin, jangan membuat ketidakpastian, instability, pertanyaan, karena orang mau invest di Indonesia, bukan bicara potensi tapi stabilitas moneter, fiskal, politik," tambahnya.

Seperti diketahui, baru-baru ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) membebaskan tarif jembatan tol Suramadu. Jembatan tol tersebut dibangun menggunakan dana APBN dan keputusan membebaskan tarif setelah masa operasi yang diberikan ke Jasa Marga sudah habis.

Pembebasan tarif jembatan tol Suramadu lantas direspons Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno dengan mengkaji pembebasan tarif jalan tol lainnya jika terpilih sebagai Wakil Presiden periode selanjutnya. Namun pembebasan tarif juga perlu mempertimbangkan beberapa hal, salah satunya kondisi keuangan negara atau APBN