Wednesday, 13 December 2017
  • slide_0
    Customer Focus;
    Medahulukan kepentingan pelanggan internal maupun eksternal dibandingkan kepentingan pribadi dalam pelaksanaan kerja sehari - hari
  • slide_1
    Integrity;
    Bersikap jujur, perilaku disiplin dan penuh tanggungjawab, baik menyangkut disiplin waktu kerja, maupun pelaksanaan kerja sesuai tuntutan jabatan dan prosedur kerja
  • slide_2
    Innovative;
    Menghasilkan ide-ide yang dapat digunakan untuk mempercepat proses transformasi PERUSAHAAN, serta terbuka terhadap metode-metode baru dalam analisis dan penyelesaian masalah
  • slide_3
    PEOPLE;
    Your human quality is in what you do, and your knowledge is in what you say. (Imam Ghazali)
  • slide_4
    ORGANIZATION;
    Every company has two organizational structures: The formal one is written on the charts; the other is the everyday relationship of the men and women in the organization. (Harold S. Gene)
  • slide_5
    RESOURCES;
    Being gifted creates obligations, which means you owe the world your best effort at the work you love. You too are a natural resource. (Barbara Sher)
  • slide_6
    APPRECIATION;
    Your work is to discover your world and then with all your heart give yourself to it. (Buddha)
  • slide_7
    PERFORMANCE;
    Try not become a successful man but try to be a useful human being. (Einstein)
  • slide_8
    EFFECTIVENESS;
    Efficiency is doing things right. Effectiveness is doing the right thing. (Zig Ziglar)

Sambutan Direktur Utama

Pada kesempatan ini perkenankanlah kami Direksi untuk menyampaikan pencapaian kinerja Perseroan selama tahun 2016 melalui berbagai upaya strategis yang telah dilakukan manajemen dalam meningkatkan dan mempercepat keberlanjutan ekspansi bisnis Perseroan. Di tahun 2016 Perseroan telah menunjukkan kinerja optimal pada ekspansi bisnis, kinerja operasional, serta kinerja keuangan, termasuk sumber daya manusia maupun pencapaian target melalui Entitas Anak sehingga mencapai hasil yang paling optimal bagi Perseroan.


Prospek Usaha
Pencapaian Kinerja dan Prospek Usaha Perseroan

Pembangunan infrastruktur di Indonesia yang semakin diprioritaskan dan terus didukung dengan kebijakan Pemerintah yang kuat melalui penyempurnaan regulasi, khususnya target Pemerintah untuk percepatan pembangunan jaringan jalan tol, telah memberikan peluang bagi Perseroan untuk menambah panjang jalan tol yang dimiliki. Pada saat ini Perseroan telah memiliki konsesi jalan tol sekitar 620 kilometer-lajur dengan sepertiganya atau sekitar 220 kilometer-lajur sudah beroperasi dan dikelola langsung oleh Perseroan atau Entitas Anak.

Perseroan mentargetkan seluruh 620 kilometer-lajur tersebut sudah beroperasi penuh paling lambat pada tahun 2019. Semua proyek jalan tol yang sedang dikerjakan oleh Perseroan masuk di dalam daftar Proyek Strategis Nasional sesuai Perpres nomor 3 tahun 2016. Dengan pengalaman lebih dari 29 tahun dan diperkuat oleh kerjasama mitra strategis Perseroan telah berhasil meningkatkan portofolio jalan tol yang dimiliki. Selain itu Perseroan melalui Entitas Anak juga telah melakukan berbagai langkah pengembangan bisnis baik pada bisnis jalan tol melalui Entitas Anak BUJT maupun pada bisnis pelengkap melalui Entitas Anak spesialis konstruksi, Entitas Anak spesialis pengoperasian jalan tol, dan Entitas Anak spesialis building management.


Entitas Anak

Pada bisnis inti yaitu investasi jalan tol, konsorsium yang dipimpin Perseroan telah memenangkan tender jalan tol ruas CileunyiSumedang-Dawuan sepanjang sekitar 250 kilometer-lajur; adapun pada bisnis suplementer Perseroan melalui Entitas Anak PT Citra Persada Infrastruktur telah mengembangkan teknologi informasi untuk sistem pembayaran non tunai yaitu pengembangan dan penerapan alat pembaca beberapa jenis kartu memori (Multi Card Reader) yang bekerjasama dengan Himpunan Bank Negara (Himbara) dan Bank Swasta.

Integrasi Multi Card Reader dengan Gerbang Pembayaran (Payment Gateway) dalam satu system terpadu pembayaran non-tunai beberapa bank yang telah dikembangkan oleh CPI akan menjadi lompatan besar dalam ekstensifkasi sistem pembayaran tol non-tunai di Indonesia, didukung oleh akomodasi sistem arsitektur teknologi yang terbuka (Open Architecture System) sehingga akan menjadi sangat fleksibel untuk beberapa bank sekaligus dan adaptif terhadap berbagai penyesuaian yang dibutuhkan. Hal ini akan meningkatkan kenyamanan pengguna jalan tol yang pada gilirannya dapat mengurangi antrian panjang pada tiap tiap pintu tol. Pada bisnis komplementer Perseroan melalui Entitas Anak tidak Langsung yaitu PT Girder Indonesia semakin kokoh mengambil posisi sebagai spesialis penyedia jasa girder fabricator termasuk prestressing-erection serta engineering value

Operasional
Pengumpulan Tol

Pada bidang pengumpulan tol, Perseroan melalui Entitas Anak PT Citra Persada Infrastruktur telah mempelopori inovasi penggunaan Multi Card Reader sebagai alternatif alat pembayaran tol non tunai di ruas Waru – Juanda Surabaya dan pada ruas jalan tol Wiyoto Wiyono MSc Perseroan telah melakukan invoasi Smart Gate yang bekerjama dengan Himpunan Bank Negara (Himbara) yaitu Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia, Bank Rakyat Indonesia dan Bank Tabungan Negara. Inovasi Multi Card Reader dan Smart Gate merupakan upaya Perseroan untuk mendukung program Pemerintah yang mencanangkan sistem pembayaran tol secara non tunai.


Pelayanan Lalu Lintas

Pada kinerja pelayanan, Perseroan terus berusaha melakukan optimasi sistem informasi jalan tol guna memenuhi hak-hak pengguna jalan juga menjadi perhatian penting diantaranya diwujudkan melalui layanan 24 jam Sentral Komunikasi (Senkom) sebagai pusat informasi pengguna jalan oleh petugas yang terlatih dan terampil serta efektivitas penggunaan sistem Variable Message Sign (“VMS”) sebagai bagian dari media penyebaran informasi kondisi lalu lintas di jalan tol.

Pemeliharaan
Perseroan juga mencapai kinerja pemeliharaan yang andal dengan terus aktif mengkampanyekan bahaya kendaraan overload, selain untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna kampanye tersebut juga untuk menjaga keandalan struktur jalan tol Perseroan. Program ini sangat aktif dijalankan Perseroan yang menjalin kerjasama dengan Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan. Meskipun program ini dicanangkan, namun kecelakaan dijalan tol tidak dapat dihindari, kecelakan di jalan tol banyak disebabkan oleh faktor human eror seperti berkendara dalam keadaan ngantuk.

Entitas Usaha-Badan Usaha JalanTol

Pada pengembangan usaha, Perseroan melalui Entitas Anak yaitu PT Citra Marga Lintas Jabar (CMLJ) sebagai pemegang konsesi ruas jalan tol Soreang-Pasir Koja (Soroja) sepanjang 32 kilometer-lajur telah mulai melakukan tahapan pembebasan lahan dan konstruksi. CMLJ juga telah mendapatkan pembiayan dari sindikasi Bank Syariah dengan Bank Muamalat dan Assosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) sebesar Rp 834 miliar Ruas Soroja adalah langkah awal ekspansi Perseroan dalam membangun portofolio jaringan jalan tol di wilayah Bandung Raya.

Proyek Depok-Antasari sepanjang total hampir 100 kilometerlajur menempati posisi strategis sebagai proyek kedua Perseroan di wilayah Jabodetabek, dengan potensi tertinggi untuk menjadi penerus JIUT success story. Untuk itu Perseroan sejak awal menerapkan program integrasi jaringan jalan tol, tidak hanya program pembangunan ruas jalan tol. Potensi wilayah Jabodetabek yang dilalui koridor Antasari-Depok-Bogor mencakup wilayah Kota Jakarta, Kota Depok, Kota Bogor, serta Kabupaten Bogor yang luas. Wilayah-wilayah tersebut mempunyai potensi pengembangan yang sangat tinggi. Proyek telah dimulai sejak tahun 2014 dengan dukungan pendanaan pinjaman dari 1 Bank BUMN dan dukungan konstruksi dari 3 Kontraktor BUMN. Pada tahun 2016 Perseroan perlu melakukan langkah konsolidasi seiring dengan program prioritas jajaran BUMN dalam mendukung program strategis nasional Pemerintah. Sepertiga atau sekitar 30 kilometer-lajur diharapkan bisa memulai operasi di tahun 2017.

Pada awal tahun 2017 Perseroan telah berhasil menambah panjang jalan tol yang dimiliki seiring dengan penetapan sebagai pemenang pada proses pelelangan Pengusahaan Jalan Tol Cileunyi-SumedangDawuan. Bersama dengan anggota konsorsium yaitu PT Waskita Toll Road, PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, PT Brantas Abipraya dan PT Jasa Sarana, Perseroan telah membentuk Badan Usaha Jalan Tol baru yaitu PT Citra Karya Jalan TolPada bisnis subtitusi dan komplementer, Perseroan melalui Entitas Anak PT Citra Marga Nusantara Propertindo saat ini sedang mengembangkan rencana pembangunan workshop untuk mendukung PT Girder Indonesia serta pengembangan rencana kantor CMLJ di Bandung. Sedangkan PT Girder Indonesia pada penghujung tahun 2016 telah menjadi kontraktor utama untuk proyek jalan tol Depok-Antasari yang diharapkan dapat segera diselesaikan, sesuai dengan batasan waktu investasi dan batasan nilai investasi. Dengan demikian kesempatan ini akan menjadi ajang pembuktian Entitas Anak tersebut sebagai penyedia jasa konstruksi dengan Tepat BMW (Biaya-Mutu-Waktu).

Human Capital Management

Perseroan selalu konsisten untuk mempraktekkan Corporate Human Capital Management System (CHCMS). Hal ini dilakukan seiring dengan kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkup CMNP Group yang berkembang cepat. Perkembangan tahapan proyek yang cepat menyebabkan penyediaan SDM dilakukan secara inovatif karena tidak cukup bila hanya bersumber kepada potensi SDM organik yang ada atau jalur kaderisasi standar seperti biasanya.

Dengan demikian kebutuhan SDM dengan jumlah dan kualifkasi yang sesuai dengan kebutuhan kompetensi unik pada suatu saat tertentu, yaitu kebutuhan operasional maupun kebutuhan proyek, dipetakan dan dipenuhi sesuai dengan kompetensi khusus yang dibutuhkan. Kompetensi unik yang dipetakan adalah kompetensi untuk bekerja efsien pada tahap operasional, dan kompetensi untuk bekerja efektif untuk tahap proyek. Penempatan karyawan yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan spesifk inilah yang memberikan daya saing tinggi melalui kinerja operasional atau kinerja proyek. Tolok ukur pencapaiannya adalah Organisasi Berkinerja Tinggi (High Performance Organization) yang didukung oleh SDM Berkinerja Tinggi (High Performance People) sehingga mampu dan dapat memiliki daya saing tinggi khususnya pada industri jalan tol.

Untuk mencapai hal tersebut, telah diterapkan kebijakan pengembangan SDM CMNP Group melalui 3 (tiga) pilar utama yaitu pertama Budaya Berkinerja Tinggi (High Performance Culture), kedua Manajemen Bakat (Talent Management), dan ketiga Penerapan Pembayaran Berbasis Kinerja (Pay for Performance) sesuai dengan kompetensi.

Perseroan optimis dengan semangat kerja tinggi serta dedikasi dari seluruh jajaran manajemen, Entitas Anak dan karyawan, Perseroan akan mampu melakukan “Konsolidasi Untuk Masa Depan Yang Lebih Cerah” serta mampu memberikan kontribusi dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi Nasional. Tidak lupa pada kesempatan ini kami atas nama Direksi Perseroan mengucapkan terima kasih kepada Dewan Komisaris atas pengawasan dan masukan terhadap setiap program-program yang dijalankan oleh Direksi. Penghargaan juga kami berikan kepada seluruh manajemen Entitas Anak dan karyawan yang telah memberikan dedikasi tinggi dalam menjalankan tugas sehingga Perseroan dapat mencapai kinerja yang lebih baik.

Apresiasi dan terima kasih juga kami sampaikan kepada pemegang saham atas kepercayaan dan dukungan yang diberikan selama ini kepada Direksi untuk menjalankan Perseroan. Kepada Pemerintah, masyarakat dan pengguna jalan tol serta mitra strategis Perseroan kami sampaikan perhargaan yang setinggi-tingginya atas dukungan yang telah diberikan kepada Perseroan.

Atas Nama Direksi Perseroan