Sunday, 29 March 2015
  • slide_0
    Customer FocusMedahulukan kepentingan pelanggan internal maupun eksternal dibandingkan kepentingan pribadi dalam pelaksanaan kerja sehari - hari
  • slide_1
    InnovativeMenghasilkan ide-ide yang dapat digunakan untuk mempercepat proses transformasi PERUSAHAAN, serta terbuka terhadap metode-metode baru dalam analisis dan penyelesaian masalah
  • slide_2
    IntegrityBersikap jujur, perilaku disiplin dan penuh tanggungjawab, baik menyangkut disiplin waktu kerja, maupun pelaksanaan kerja sesuai tuntutan jabatan dan prosedur kerja
  • slide_3
    RESOURCES; Barbara SherAnugerah menimbulkan kewajiban, lakukanlah upaya terbaikmu untuk pekerjaanmu. Dirimu merupakan sumberdaya bagi lingkunganmu.
  • slide_4
    ORGANIZATION; Harold S. GeneSetiap perusahaan mempunyai dua struktur organisasi: Yang resmi adalah yang tergambar pada bagan; Yang lainnya adalah hubungan keseharian yang selaras diantara pelaksananya.
  • slide_5
    PEOPLE; Imam GhazaliTanda akal seseorang itu adalah pekerjaannya, dan tanda ilmu seseorang itu adalah perkataannya.
  • slide_6
    PROCESS; Thomas A. EdisonKeberhasilan terdiri dari 1% pikiran dan 99% usaha. Diatas segalanya adalah kerja keras. Keberuntungan adalah kesempatan yang disertai dengan kesiapan.
  • slide_7
    INTEGRITY; Dwight David EisenhowerKepemimpinan terbaik adalah integritas. Tanpa integritas tidak ada keberhasilan nyata dalam kelompok kerja, tim olah raga, angkatan perang, ataupun kantor.
  • slide_8
    PERFORMANCE; EinsteinJangan bersikeras menjadi orang yang berhasil tetapi jadilah orang yang berguna.
  • slide_9
    EFFECTIVENESS;Zig ZiglarEfisiensi adalah melakukan sesuatu dengan benar. efektifitas adalah melakukan hal yang benar.
  • slide_10
    ACCOUNTABILITY; Winston ChurchillKeberhasilan adalah buah dari tanggung jawab.
  • slide_11
    APPRECIATION; BuddhaTemukan dunia dalam pekerjaanmu dan dengan sepenuh hati berserah dirilah padaNYA.

: Mandiri Tolak KeinginanJSMR Perluas E- Toll Card

Source : Koran Kontan, hal 12 Wed, 9 Jan 2013

Mandiri Tolak KeinginanJSMR Perluas E- Toll Card

JAKARTA. Rencana Jasa Marga mendongkrak layanan e-Toll Card menuai, sambutan hangat dari perbankan. Tiga bank penerbit kartu prabayar menyatakan siap memfasilitasi keinginan BUMN pengelola jalan tol !ersebut. Bahkan, jika harus menyetor dana ke Bank Mandiri, selaku mitra utama Jasa Marga di bisnis ini, mereka pun tak mempersoalkan. Ketiga bank itu adalah Bank Negara BNI, Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Central Asia (BCA).

Jasa Marga berencana merekrut bank lain karena pertumbuhan e-Toll Card Bank Mandiri tidak menggembirakan. Hingga akhir 2012, penggunaan e-Toll Card baru mencapai 6% dari total pengguna tol Jasa Marga. Padahal, targetnya mencapai 30%.

Bank Mandiri dipersilakan mengutip dana dari bank lain yang ingin berbisnis ini. Se-bab, sejak mengoperasikan e-toll card pada 2009, bank terbesar di tanah air itu telah berinvestasi puluhan miliar rupiah.

Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja, siap bermitra denganJasa Marga karena bisnis e-Toll Card bukan hal baru buat BCA. Bank terafiliasi dengan Grup Djarum ini telah melayani pembayaran tol untuk wilayah Surabaya, Makassar dan pembelian tiket bus Trans Yogyakarta.

BCA juga siap membangun infrastruktur, seperti alat pembaca kartu. Selain itu, tidak mempermasalahkan adanya penambahan biaya jika ikut proyek ini. "Itu tidak ada masalah sama sekali karena anggarannya tidak akan besar," kata Jahja, Senin (7/1).

Direktur Konsumer BRI, Toni Seotirto, mengatakan, jika Jasa Marga mengizinkan bank lain, BRI siap dengan kartu Brizzi. Menurutnya, kartu prabayar ini telah memiliki izin dari Bank Indonesia (BI).

Saat ini jumlah kartu Brizzi yang beredar mencapai 745 ribu kartu dengan tranksaksi Rp 3,5miliar per bulan. Pemilik kartu ini tak perlu menjadi nasabah BRI, karena penambahan dana (top up) dapat dilakukan di ATM manapun.

Sejauh ini Brizzi baru digunakan untuk layanan umum di Bandara Soekamo Hatta, Taman Candi Prambanan, ISS parking,'SPBU Pertamina dan 2.500 merchant Selindo.

Bank DKI juga ingin ambil bagian di bisnis ini. Menurut Direktur Pemasaran Bank DKI, Mulyanto Wibowo, layanan e-money di bidang transportasi termasuk e-Toll Card tidak boleh ekslusif dan harus terintegrasi.

Partisipasi bank lain diperlukan agar penetrasi pasamya berkembang lebih cepat. Jni juga sejalan dengan himbauan BI dalam menciptakan sistem pembayaran yang efisien demi terwujudnya less cash society. Saat ini Bank DKI baru mengoperasikan JakCard, untuk bus Transjakarta.

Ruas Jalan Tol Yang Dapat Menggunakan E-Toll Card Mandiri

Ruas Tol                                          Perusahaan Pengelola

Cawang - Tomang – Cengkareng   -Jasa Marga

Cawang - Priok - Pluit                 -Citra Marga Nusaphala Persada

Cikupa - Anyer                            - Marga Mandala Sakti (MMS)

Jakarta - Cikampek (Gerbang Pondok Gede) -Jasa Marga

Rorotan - Veteran                   -Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JLJ)

Sumber: Website Bank Mandiri

 

Kontrak ekslusif

Namun Bank Mandiri belum bisa menyetujui usulan Jasa Marga. Rico Usthavia Frans, SVP Electronic Banking Bank Mandiri, mengingatkan ada kontrak eksklusif yang mengikat pengelola tol dan Bank Mandiri. Perjanjian itu menyebutkan, Mandiri adalah satu-satunya bank yang menjadi pelaksana E-Toll Card selama 10 tahUn. "Saat ini baru berjalan 3 tahun," terangnya.

Namun, manajemen berjanji bakal membicarakan masalah ini. Mereka menyadari produk e-toll butuh infrastruktur yang besar. Salah satu contohnya, pengadaan magnet pembaca kartu yang mampu mengurangi pembayaran tol dalam hitungan detik. "Kami secara formal belum diskusi secara detail seperti apa konsepnya jika bank lain ikut," katanya.

Rico belum bisa memprediksi dampak keikut sertaan bank lain di pioyek ini. Jumlah e-Toll Card Bank Mandiri mencapai 1,3 juta kartu per November 2012. Nilai transaksi Rp 46 miliar per bulan dan volume transaksi 8 juta kali.

Untuk meningkatkan transaksi, Bank Mandiri berharap Jasa Marga dapat menambah jumlah gerbang tol yang memiliki alat deteksi e-toll card.

Sejatinya, Bank Mandiri tidak hanya bekerja sama dengan Jasa Marga. Perseroan  juga mengikat kontrak dengan dua operator tol lain, yakni Citra Marga Nuspahala Persada(CMNP) dan Marga Mandala Sakti (MMS). Nina Dwiantika