Wednesday 23 July 2014 - 18:03

News and EventsNews and Events

CMNP Call Center

Join our NewsletterJoin our Newsletter

Submit

UPDATE TRAFICUPDATE TRAFIC

  • Wed, 23 Jul 2014 - 23:08

    Hati - Hati ada perbaikan jalan KM 22+000 arah Priok lajur 2.(sb.senkom)

  • Wed, 23 Jul 2014 - 21:11

    Pluit - Priok - Cawang lalin LANCAR.(Senkom-ts)

  • Wed, 23 Jul 2014 - 21:10

    Cawang - Priok - Pluit kondisi lalin terpantau LANCAR.( Senkom-ts)

  • Wed, 23 Jul 2014 - 20:45

    Minibus gangguan di km 11 lajur kiri tol Sunter arah Priok SELESAI dibantu jalur terbuka(@r senkom)

  • Wed, 23 Jul 2014 - 20:43

    Arus lalin tol Pluit - Ancol - Priok - Cawang LANCAR, (@r senkom)

  • Wed, 23 Jul 2014 - 20:40

    Hati hati melintas, bus gangguan di km.3+800 lajur kiri tol Priok arah Cawang(@r senkom)

  • Wed, 23 Jul 2014 - 20:09

    Arus lalin tol Cawang - Priok - Pluit LANCAR(@r senkom)

  • Wed, 23 Jul 2014 - 20:07

    Hati hati melintas, Minibus gangguan di km 11 lajur kiri tol Sunter arah Priok(@r senkom)

  • Wed, 23 Jul 2014 - 20:05

    Ekor kepadatan lalin tol Priok arah Cawang di kisaran Pedati.(@r senkom)

  • Wed, 23 Jul 2014 - 19:27

    Arus lalin tol Cawang - Priok - Pluit LANCAR(@r senkom)

STOCK EXCHANGESTOCK EXCHANGE

CMNP Stock

Latest News : Jokowi Kaji Ulang Proyek tol Dalam Kota
Latest News

Jokowi Kaji Ulang Proyek tol Dalam Kota

Source : Koran Tempo, hal A-4 Fri, 2 Nov 2012

Jokowi Kaji Ulang Proyek tol Dalam Kota

Pembangunan tol Becakayu segera dimulai.

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo kemarin menemui Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto di kantornya. Pertemuan tersebut membahas sejumlah proyek pembangunan infrastruktur di Ibu Kota, termasuk enam ruas jalan tol dalam kota.

Seusai pertemuan yang berlangsung sekitar dua jam itu, Jokowi mengaku tengah mengkaji kembali sejumlah aspek dalam pembangunan ruas jalan tol di tengah kota itu. "Tol dalam kota masih dalam negosiasi," ujarnya.

Pada satu bulan pertama pemerintahannya ini, Jokowi memang terus menggali informasi soal sejumlah mega proyek infrastruktur warisan pendahulunya, Fauzi Bowo. Selain proyek tol dalam kota, Jokowi menunda kelanjutan tender konstruksi kereta bawah tanah mass rapid transit (MRT).

Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak membenarkan bahwa sejumlah aspek detail dari pembangunan jalan tol dalam kota masih akan dibicarakan kembali.

Sebelumnya, pemerintah berencana mulai membangun keenam ruas jalan tol ini pada pertengahan tahun depan. Jadwal awal pembangunan MRT juga semula bakal dimulai pada saat yang sama.

Hermanto    menjelaskan, Kementerian Pekerjaan Umum menginginkan dua-tiga ruas tol dalam kota sudah beroperasi pada 2014. "Kalau keenamnya selesai, Kampung Melayu akan tersambung ke Kalimalang, Bekasi," katanya kemarin.

Selain itu, tol baru kelak akan menghubungkan Tangerang dengan Cikampek dan Cikunir via Pasar Rebo. Kendaraan dari Kampung Melayu juga bisa keluar di Kemayoran. Total nilai proyek ini adalah Rp 42 triliun.

Keenam ruas jalan tol ini dibangun untuk melengkapi tol lingkar dalam dan lingkar luar Jakarta. Hermanto menjelaskan, pembangunan ruas Jakarta Outer Ring Road (JORR) W2 akan dimulai setelah proses pembebasan lahannya rampung. "Jakarta nantinya mirip Shanghai," kata Hermanto.

Pemerintah sudah menetapkan PT Jakarta Toll Development sebagai badan usaha yang mengelola jalan tol sepanjang 69,7 kilometer itu. Jakarta Toll Development merupakan gabungan PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk, pemerintah DKI Jakarta, dan beberapa badan usaha milik negara.

Selain membahas pembangunan enam ruas tol dalam kota, pertemuan Jokowi dengan Djoko Kirmanto kemarin membicarakan kelanjutan pembangunan ruas tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu). Pembangunan jalan tol itu sempat macet.

Jokowi menjelaskan, proses administrasi pembangunan tol itu memang sempat tertunda karena Wali Kota Jakarta Timur pensiun. Tapi, kata dia, surat penetapan persetujuan lokasi pembangunan (SP2LP) akan segera ditandatangani dan diterbitkan.

"Satu sampai dua hari ini akan selesai," kata Jokowi. Tol Becakayu terbentang sepanjang 21,04 kilometer dengan nilai investasi Rp 7,2 triliun. MARIA YUNIAR|NURHASIM