Saturday, 7 March 2015
  • slide_0
    Customer FocusMedahulukan kepentingan pelanggan internal maupun eksternal dibandingkan kepentingan pribadi dalam pelaksanaan kerja sehari - hari
  • slide_1
    InnovativeMenghasilkan ide-ide yang dapat digunakan untuk mempercepat proses transformasi PERUSAHAAN, serta terbuka terhadap metode-metode baru dalam analisis dan penyelesaian masalah
  • slide_2
    IntegrityBersikap jujur, perilaku disiplin dan penuh tanggungjawab, baik menyangkut disiplin waktu kerja, maupun pelaksanaan kerja sesuai tuntutan jabatan dan prosedur kerja
  • slide_3
    RESOURCES; Barbara SherAnugerah menimbulkan kewajiban, lakukanlah upaya terbaikmu untuk pekerjaanmu. Dirimu merupakan sumberdaya bagi lingkunganmu.
  • slide_4
    ORGANIZATION; Harold S. GeneSetiap perusahaan mempunyai dua struktur organisasi: Yang resmi adalah yang tergambar pada bagan; Yang lainnya adalah hubungan keseharian yang selaras diantara pelaksananya.
  • slide_5
    PEOPLE; Imam GhazaliTanda akal seseorang itu adalah pekerjaannya, dan tanda ilmu seseorang itu adalah perkataannya.
  • slide_6
    PROCESS; Thomas A. EdisonKeberhasilan terdiri dari 1% pikiran dan 99% usaha. Diatas segalanya adalah kerja keras. Keberuntungan adalah kesempatan yang disertai dengan kesiapan.
  • slide_7
    INTEGRITY; Dwight David EisenhowerKepemimpinan terbaik adalah integritas. Tanpa integritas tidak ada keberhasilan nyata dalam kelompok kerja, tim olah raga, angkatan perang, ataupun kantor.
  • slide_8
    PERFORMANCE; EinsteinJangan bersikeras menjadi orang yang berhasil tetapi jadilah orang yang berguna.
  • slide_9
    EFFECTIVENESS;Zig ZiglarEfisiensi adalah melakukan sesuatu dengan benar. efektifitas adalah melakukan hal yang benar.
  • slide_10
    ACCOUNTABILITY; Winston ChurchillKeberhasilan adalah buah dari tanggung jawab.
  • slide_11
    APPRECIATION; BuddhaTemukan dunia dalam pekerjaanmu dan dengan sepenuh hati berserah dirilah padaNYA.

BEST REFERENCES

POLLING

Bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, kondisi lalu-lintas Jalan Tol Ir.Wiyoto Wiyono MSc (ruas Cawang - Tanjung Priok - Pluit/ Jembatan Tiga) dewasa ini, terasa LEBIH LANCAR. Setujukah Anda?
  • Setuju
  • Tidak Setuju

Latest News : BPN : Proses Pembebasan Lahan Maksimal 248 Hari

Source : Investor Daily, Hal 8 Tue, 8 May 2012

BPN : Proses Pembebasan Lahan Maksimal 248 Hari

Oleh Wahyu Sudoyo dan Imam Mudzakir

JAKARTA – Dengan mengacu Undang-Undang Pembebasan Lahan No 12/2012, proses pembebasan lahan untuk kepentingan umum hanya membutuhkan waktu maksimal 248 hari. Batas waktu itu diperhitungkan sejak proses studi hingga pelaksanaan pembebasan lahan.

"Aturan baru lebih terukur dan pasti Demikian pula, prosedur, waktu, dan mekanisme jelas serta aturan-aturannya lebih tegas," kata Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Joyo Winoto seusai menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) terkait Pembebasan Lahan di Jakarta, Senin (7/5).

Di tempat yang sama, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menjelaskan, apabila dalam proses pembebasan lahan terjadi konflik, kasus harus dibawa ke pengadilan. Selanjutnya, putusan pengadilan bakal dikeluarkan dalam waktu singkat.

"Di pengadilan, kasus pembebasan lahan harus selesai dalam satu bulan. Apabila, ada pihak meminta naik banding ke Mahkamah Agung (MA), itu juga harus selesai dalam waktu satu bulan. Demikian juga halnya dengan proses kasasi, putusannya harus selesai dalam waktu satu bulan pula," jelas dia.

Namun demikian, aturan pembebasan lahan yang baru tidak berlaku untuk pengadaan lahan di bawah 1 hektare (ha). Pengadaan lahan di bawah 1 ha, lanjut dia, bakal diselesaikan melalui kesepakatan jual-beli dengan pemilik lahan.

"Kemudian, pembebasan lahan di atas 1 ha, itu dapat menggunakan aturan baru. Dalam aturan baru, tahapan-tahapan proses pembebasan lahan sangat jelas," imbuh dia.

Hatta juga memastikan Tim Kerja Perumus Perpres Pembebasan Lahan sudah tidak menemukan kendala dalam pembahasan draf petunjuk pelaksanaan (Jutlak) UU No 12/2012 tersebut. Dengan demikian, penerbitan perpres bisa dilakukan dalam waktu dekat ini.

Deputi Menko Perekonomian Bidang lnfrastruktur dan Pengembangan Wilayah Luky Eko Wuryanto menambahkan, presiden telah menginstruksikan agar Perpres Pembebasan Lahan diterbitkan bulan ini.

"Pemerintah akan menfinalisasi pembahasan perpres pekan depan. Selanjutnya, isi perpres diajukan pada Setneg pertengahan Mei untuk diproses lebih lanjut," ujar dia.

Proses Tidak Diulang

Di sisi lain, Ketua Asosiasi Tol Indonesia (ATI) Fatchur Rochman meminta kepastian waktu pelaksanaan pembebasan tanah dan badan pelaksana pembebasan tanah menyusul rencana penerbitan Perpres Pembebasan Lahan.

"Jadi, jika sudah diputuskan siapa lembaganya, tidak ada dualisme pelaksana pembebasan tanah. Adanya dualisme, saya kira bakal memunculkan banyak masalah di lapangan," ujar dia.

ATI juga meminta proses pembebasan lahan 24 proyek jalan tol tidak diulang dari awal. Sebaliknya, perpres diharapkan dapat diterapkan langsung bagi proses pembebasan lahan tol yang tengah berjalan tersebut, termasuk proyek yang sudah memiliki ketetapan pemberlakuan surat persetujuan penetapan lokasi pembangunan (SP2LP).

Menurut Fatchur, saat ini hampir seluruh ruas tol yang sudah ditenderkan telah memiliki SP2LP. Pengerjaan proyek-proyek tersebut dipastikan akan mundur jika proses pembebasan lahannya harus dimulai dari awal.

"Saya kira proses pembebasan lahan bisa molor setahun ke depan. Apalagi, saat ini ada beberapa proyek tol yang tahapnya telah sampai pada pelaksanaan pembebasan tanah dan sosialisasi kepada pemilik tanah," jelas dia.

Fatchur mengungkapkan, pihaknya telah mengajukan usulan tidak ada pengulangan proses pembebasan lahan tersebut ke Kementerian PU dalam rapat tertutup yang dilaksanakan kemarin.

"Kami sudah minta kepada Kementerian PU. Dan, kementerian akan menyampaikan usulan itu ke lembaga terkait," jelas dia.

Sebelumnya Direktur PT Chitra Waspputhowa Jaka Suprihatna mengkhawatirkan UU Pembebasan Lahan No 12/2012 dan petunjuk pelaksanaannya tidak bisa diterapkan langsung pada proyek yang sudah berjalan. Dengan kondisi itu, kelangsungan proyek 24 tol bakal terancam.

"Sesuai hasil pembahasan dengan BPN, proyek jalan tol yang pembebasan laharnya mengacu UU No 12/ 2012, harus mengulang proses dari awal lagi. Termasuk SP2LP, semua harus diajukan kembali dari awal," kata dia akhir pekan lalu.