Saturday, 28 March 2015
  • slide_0
    Customer FocusMedahulukan kepentingan pelanggan internal maupun eksternal dibandingkan kepentingan pribadi dalam pelaksanaan kerja sehari - hari
  • slide_1
    InnovativeMenghasilkan ide-ide yang dapat digunakan untuk mempercepat proses transformasi PERUSAHAAN, serta terbuka terhadap metode-metode baru dalam analisis dan penyelesaian masalah
  • slide_2
    IntegrityBersikap jujur, perilaku disiplin dan penuh tanggungjawab, baik menyangkut disiplin waktu kerja, maupun pelaksanaan kerja sesuai tuntutan jabatan dan prosedur kerja
  • slide_3
    RESOURCES; Barbara SherAnugerah menimbulkan kewajiban, lakukanlah upaya terbaikmu untuk pekerjaanmu. Dirimu merupakan sumberdaya bagi lingkunganmu.
  • slide_4
    ORGANIZATION; Harold S. GeneSetiap perusahaan mempunyai dua struktur organisasi: Yang resmi adalah yang tergambar pada bagan; Yang lainnya adalah hubungan keseharian yang selaras diantara pelaksananya.
  • slide_5
    PEOPLE; Imam GhazaliTanda akal seseorang itu adalah pekerjaannya, dan tanda ilmu seseorang itu adalah perkataannya.
  • slide_6
    PROCESS; Thomas A. EdisonKeberhasilan terdiri dari 1% pikiran dan 99% usaha. Diatas segalanya adalah kerja keras. Keberuntungan adalah kesempatan yang disertai dengan kesiapan.
  • slide_7
    INTEGRITY; Dwight David EisenhowerKepemimpinan terbaik adalah integritas. Tanpa integritas tidak ada keberhasilan nyata dalam kelompok kerja, tim olah raga, angkatan perang, ataupun kantor.
  • slide_8
    PERFORMANCE; EinsteinJangan bersikeras menjadi orang yang berhasil tetapi jadilah orang yang berguna.
  • slide_9
    EFFECTIVENESS;Zig ZiglarEfisiensi adalah melakukan sesuatu dengan benar. efektifitas adalah melakukan hal yang benar.
  • slide_10
    ACCOUNTABILITY; Winston ChurchillKeberhasilan adalah buah dari tanggung jawab.
  • slide_11
    APPRECIATION; BuddhaTemukan dunia dalam pekerjaanmu dan dengan sepenuh hati berserah dirilah padaNYA.

: Mei, Anak Usaha Jasa Marga di Sumatera Dibentuk

Source : Investor Daily, Hal 6 Fri, 9 Mar 2012

Mei, Anak Usaha Jasa Marga di Sumatera Dibentuk

JAKARTA-Kementerian BUMN meminta PT Jasa Marga Tbk untuk membentuk anak-anak perusahaan bersama dengan sejumlah pemerintah daerah (pemda) untuk keperluan pembangunan tol Trans Sumatera paling lambat Mei 2012. Dengan begitu, diharapkan proyek jalan tol sepanjang 2.700 kilometer (km) bisa segera dimulai.

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengungkapkan, Saat ini persiapan pembangunan termasuk studi kelayakan sudah selesai sehingga tahapan selanjutnya adalah tahapan pelaksanaan. Perkiraan dana untuk menyelesaikan pembangunan jalan tol Sumatera sekitar Rp 100 triliun yang pembiayaannya dapat disangga bersama-sama.

"Pembentukan anak usaha bersama (Jasa Marga dan Pemda) kami minta sudah harus jadi dalam satu atau dua bulan ke depan," kata Dahlan di Jakarta, Selasa (8/3).

Saat ini, kata Dahlan, sejumlah pemda sudah menyatakan persetujuannya untuk bekerjasama dengan Jasa Marga. Yakni, Pemda Sumatera Utara, Pemda Sumatera Barat, Pemda Sumatera Selatan, Pemda Riau, Pemda Bengkulu, Pemda Jambi, dan Pemda Lampung. Hampir semua pemda se-Sumatera dilibatkan, kecuali Bangka Belitung, Kepulauan Riau, dan Aceh.

"Aceh tidak ikut karena daerah ini memiliki dana khusus dalam jumlah besar yang dapat dikelola sendiri untuk membangun dan mengembangkan jalan tol di sana. Sedangkan Bangka belitung dan Kepulauan Riau tidak membutuhkan jalan tol," kata dia.

Nantinya menurut Dahlan, nama anak perusahaan Jasa Marga tersebut akan disesuaikan dengan lokasi atau wilayah pemda. Misalnya, dengan nama PT Jasamarga Lampung dengan pemegang saham Jasa Marga dan Pemda Lampung, atau PT Jasa Marga Sumatera Selatan dengan pemegang saham Jasa Marga dan Sumatera Selatan.

"Jadi nanti Jasa Marga punya anak usaha dengan pemda-pemda setempat, dimana komposisi pemodalannya tergantung pada kemampuan masing-masing pemda," jelas dia.

Dahlan menuturkan, pemda nantinya bertanggung jawab terhadap pembebasan tanah dan izin-izin setempat, kecuali izin ke menteri pekerjaan umum yang menjadi tugas Jasa Marga. Saat ini, Jasa Marga pun sudah melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan pemda dan sudah memutuskan ruas-ruas jalan yang akan dibangun, yakni sekitar 1.000 km. (nti)