Sunday, 5 July 2015
  • slide_0
    Customer Focus;
    Medahulukan kepentingan pelanggan internal maupun eksternal dibandingkan kepentingan pribadi dalam pelaksanaan kerja sehari - hari
  • slide_1
    Integrity;
    Bersikap jujur, perilaku disiplin dan penuh tanggungjawab, baik menyangkut disiplin waktu kerja, maupun pelaksanaan kerja sesuai tuntutan jabatan dan prosedur kerja
  • slide_2
    Innovative;
    Menghasilkan ide-ide yang dapat digunakan untuk mempercepat proses transformasi PERUSAHAAN, serta terbuka terhadap metode-metode baru dalam analisis dan penyelesaian masalah
  • slide_3
    ORGANIZATION;
    Every company has two organizational structures: The formal one is written on the charts; the other is the everyday relationship of the men and women in the organization. (Harold S. Gene)
  • slide_4
    RESOURCES;
    Being gifted creates obligations, which means you owe the world your best effort at the work you love. You too are a natural resource. (Barbara Sher)
  • slide_5
    APPRECIATION;
    Your work is to discover your world and then with all your heart give yourself to it. (Buddha)
  • slide_6
    PROCESS;
    Genius is 1% inspiration and 99% perspiration. Nothing can replace hard work. Luck is something that happens when opportunity to meet with readiness. (Thomas A. Edison)
  • slide_7
    PEOPLE;
    Your human quality is in what you do, and your knowledge is in what you say. (Imam Ghazali)
  • slide_8
    PERFORMANCE;
    Try not become a successful man but try to be a useful human being. (Einstein)
  • slide_9
    EFFECTIVENESS;
    Efficiency is doing things right. Effectiveness is doing the right thing. (Zig Ziglar)
  • slide_10
    ACCOUNTABILITY;
    The price of greatness is responsibility. (Winston Churchill)

Infrastruktur Tol Digenjot

Source : seputar Indonesia, Hal 19 Wed, 8 Feb 2012

Infrastruktur Tol Digenjot

Mekanisme Dana Pendampingan Disiapkan

 

JAKARTA - Dukungan pendanaan yang berasal dari anggaran negara untuk pembangunan proyek infrastruktur tengah disiapkan melalui mekanisme dana pendampingan pemerintah (viability gap fun / VGF).

 

Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak mengungkapkan, skema VGF di-siapkan utamanya untuk proyek pembangunan infrastruktur jalan tol. Dia menyebutkan, beberapa proyek jalan tol siap didukung dengan skema tersebut. Semisal jalan tol Kertosono-Solo, di mana 30% dari kebutuhan pendanaan dibiayai dengan skema VGF. Dukungan pemerintah disiapkan agar proyek tersebut tuntas pada tahun2014.

"Tapi, yang sebagian dikerjakan jasa Marga. Jalan tol Bawen-Solo perlu dukungan VGF kurang lebih Rp1,9 triliun," ungkap Hermanto di Jakarta kemarin.

Skema serupa juga disiapkan untuk proyek jalan tol Medan-Kualanamu yang akan di-tenderkan. Selain itu, pemerintah juga berencana menggunakan skema dana pendampingan juga disiapkan untuk proyek jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisundawu). "Sekarang, porsi pemerintah yang akan kita bangun dulu. VGF ini lebih pada dukungan pemerintah," ucapnya.

Proyek jalan tol Medan-Kuala Namu-TebingTinggi serta jalan tol Cisundawu sudah masuk masa lelang konsorsium. Dia menjelaskan, skema VGF pada dasarnya merupakan dukungan yang diberikan bagi proyek yang berdampak pada pembangunan ekonomi. VGF hanya diberikan jika proyek tersebut secara finansial masih membutuhkan dukungan pemerintah.

Kementerian Pekerjaan Umum (PU) sebelumnya mengusulkan tiga proyek tol lainnya untuk mendapatkan dana pendampingan tersebut, yaitu Medan-Kualanamu sebesar Rp1,3 triliun, ruas Solo-Ngawi-Kertosono sebesar Rp3 triliun, dan ruas Cileunyi-Sumedang-Dawuan sebesar Rp 1triliun.

Sebelumnya Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Achmad Gani Gazaly mengatakan, dana pendampingan pemerintah tersebut telah dipastikan menyusul persetujuan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk memasukkan dana tersebut dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2013. Adanya komitmen pemerintah untuk memasukkan dukungan terhadap seksi Bawen-Solo ini, tegas dia, akan memberikan dampak positif dalam iklim investasi jalan tol.

"Pembiayaan ini memberikan kepastian untuk proyek-proyek tol yang membutuhkan dana dukungan. Saat ini yang sudah pasti akan mendapatkan VGF adalah ruas Semarang-Solo," kata Gani beberapa waktu lalu.

Setelah ada komitmen ini, pihaknya akan menuntaskan kajian terkait mekanisme pemberian dana pendampingan sebesar Rp1,9 triliun untuk meningkatkan kelayakan finansial dari jalan tol Semarang-Solo seksi Bawen-Solo sepanjang 51,7 km tersebut. "Dengan adanya kepastian ini, sekarang kita tinggal mematangkan seperti apa mekanismenya, terkait penjaminannya supaya dana ini diberikan setelah konstruksi selesai," jelasnya.

Namun, kata Gani, hingga saat ini Kementerian PU masih membahas opsi-opsi bentuk pemberian dukungan pemerintah untuk meningkatkan kelayakan finansial ketiga proyek tol tersebut, yaitu melalui VGF atau pelaksanaan sebagian konstruksi oleh Direktorat Jenderal Bina Marga. • wisnoe moerti