Wednesday 30 July 2014 - 19:11

News and EventsNews and Events

CMNP Call Center

Join our NewsletterJoin our Newsletter

Submit

UPDATE TRAFICUPDATE TRAFIC

  • Wed, 30 Jul 2014 - 15:20

    Jadilah Pelopor keselamatan berlalu lintas dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan. (Armnsd SENKOM)

  • Wed, 30 Jul 2014 - 15:19

    Batas kecepatan maksimum Jalan Tol Dalam Kota 80 Km/jam. (Armnsd SENKOM)

  • Wed, 30 Jul 2014 - 15:19

    Kendaraan Anda Mogok ? Gunakan Layanan Derek Gratis Keluar Tol /Bengkel terdekat, 021 - 651 8350.(Armnsd SENKOM)

  • Wed, 30 Jul 2014 - 15:19

    Contact Center Jalan Tol Ir. Wiyoto Wiyono, MSc ( Cawang – Priok – Pluit ) 021 – 651 8350. (Armnsd SENKOM)

  • Wed, 30 Jul 2014 - 15:18

    Dari Priok Keluar Sunter / Cempaka Putih / Cempaka Mas lancar. (Armnsd SENKOM)

  • Wed, 30 Jul 2014 - 15:17

    Dari Cawang Keluar Cempaka Putih / Pulo Gadung lancar. (Armnsd SENKOM)

  • Wed, 30 Jul 2014 - 15:17

    Priok – Sunter – Cempaka Putih - Rawamangun – Jatinegara – Pedati – Cawang arus lalin lancar. (Armnsd SENKOM)

  • Wed, 30 Jul 2014 - 15:16

    Pluit – Jembatan Tiga - Gedong Panjang – Kemayoran – Ancol – Priok arus lalin lancar. (Armnsd SENKOM)

  • Wed, 30 Jul 2014 - 15:16

    Priok - Ancol – Kemayoran – Gedong Panjang – Jembatan Tiga - Pluit arus lalin lancar. (Armnsd SENKOM)

  • Wed, 30 Jul 2014 - 15:15

    Cawang – Kebon Nanas – Pedati - Jatinegara – Rawamangun – Cempaka Putih - Priok arus lalin lancar (Armnsd SENKOM)

STOCK EXCHANGESTOCK EXCHANGE

CMNP Stock

Latest News : Konstruksi Tol Cikampek-Palimanan Akhir Tahun
Latest News

Konstruksi Tol Cikampek-Palimanan Akhir Tahun

Source : Investor Daily, Hal 6 Wed, 16 Feb 2011

Konstruksi Tol Cikampek-Palimanan Akhir Tahun

JAKARTA-Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum menargetkan pembebasan lahan untuk proyek jalan tol Cikampek-Palimanan sepanjang 1160 kilometer dapat dituntaskan Agustus 2011. Pekerjaan konstruksi tol ini segera dilakukan setelah pembebasan tanah tuntas.

Kepala BPJT Ahmad Ghani Gazali mengungkapkan, investor tol Cikampek/Cikopo-Palimanan menginginkan agar lahan terlebih dahulu dibebaskan hingga 100%, baru dilanjutkan pekerjaan fisik (konstruksi). "Makanya, proses pembebasan lahan tol itu kami percepat, dan targetnya dapat dituntaskan pada Agustus nanti," kata dia kepada Investor Daily, di Jakarta, Senin (14/2).

Dengan demikian, pekerjaan fisik atau konstruksi tol Cikampek-Palimanan dapat dimulai pada Agustus mendatang, atau paling lambat akhir tahun 2011.

Menurut Ghani, dengan tuntasnya pembebasan lahan tol Cikampek-Palimanan, maka perbankan akan lebih mudah mengucurkan kreditnya kepada investor. "Sekarang perbankan belum bisa mencairkan kredit untuk membiayai proyek ini, karena pembebasan lahan baru mencapai sekitar 90%," kata dia.

Ghani mengatakan, tol Cikampek-Palimanan akan berdampak positif pada sejumlah proyek tol lain, sekaligus menjadi kunci dari tol Trans Jawa, karena bakal menyumbang trafik sangat besar terhadap ruas tol lain. Terutama ruas tol Palimanan-Kanci (PT Jasa Marga Tbk) dan Kanci-Pejagan (PT Bakrie Toll Road). "Jika bagian tol Trans Jawa ini terbangun dalam dua atau tiga tahun kedepan, kedua ruas tol tersebut akan terbantu volume trafiknya," kata dia.

Proyek tol Cikampek-Palimanan diharapkan pula memicu percepatan pembangunan sejumlah ruas tol lain yang saat ini dalam proses pembebasan lahan, seperti ruas Penjagan-Pemalang, Pemalang-Batang, dan Batang-Semarang. “Investor tol lainnya juga pasti menunggu selesainya pembangunan tol Cikampek-Palimanan, karena sumbangan trafik dari ruas tol ini,” ujar Ghani.

Menteri Pekerjaan Umum (PU)  Djoko Kirmanto sebelumnya meminta agar konstruksi jalan tol Cikampek-Palimanan segera dikerjakan, karena pembebasan tanah sudah hampir tuntas. Pembangunan jalan tol Cikampek-Palimanan merupakan salah satu prioritas pemerintah. “Jalan tol ini berkaitan dengan ruas tol lain. Kalau tol ini tidak terbangun, tol yang sana juga tidak akan terbangun, kata dia.

Djoko Kirmanto menambahkan, dengan dimulainya pembangunan tol Cikampek-Palimanan, diharapkan insvestor jalan tol lainnya juga segera mengikuti. "Saat ini yang paling utama adalah ruas tol Cikampek-Palimanan. Kalau tol ini sudah terbangun, ruas  tol Cirebon ke timur pasti ikut terdorong untuk dibangun," ujar dia.

 

PPJT Segera Diteken

Lebih lanjut Ahmad Ghani Gazali mengungkapkan, jalan tol Cikampek-Palimanan merupakan salah satu ruas tol Trans Jawa yang menjadi concern Kementerian PU untuk segera dibangun. Pasalnya, ruas tol ini bakal berdampak luas pada ruas tol lain Trans Jawa. Terlebih lagi, pembebasan lahan ruas tol ini sudah hampir tuntas.

"Makanya dalam waktu dekat segera turun Surat Permohonan Penetapan Lokasi Pembangunan (SP2LP)," kata dia.

Dengan adanya SP2LP diharapkan pihak investor (PT Lintas Marga Sedaya/LMS) sebagai pemegang konsesi tol Cikampek-Palimanan bisa mengerjakan fisiknya. Investor ini segera diundang untuk menandatangani perubahan amendemen Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT).  

Ruas jalan tol Cikampek-Palimanan akan melewati empat kabupaten, yakni Purwakarta, Subang, Majalengka, dan Cirebon, dengan total kebutuhan lahan mencapai 1.033 hektare (ha) . Pada ruas ini terdapat lahan Perum Perhutani seluas 199 ha untuk kebutuhan jalan sepanjang 26,83 km dan lahan PTPN VIII seluas 74,1 ha (sepanjang 6,6 km).

Untuk pembebasan lahan tol Cikampek-Palimanan mendapat dukungan biaya pemerintah melalui Badan Layanan Umum (BLU) sebesar Rp500 miliar untuk pembebasan lahan. Proyek jalan tol yang terbagi dalam enam seksi ini diperkirakan menelan investasi Rp 7 triliun.

PT LMS mayoritas sahamnya (55%) dikuasai investor jalan tol asal Malaysia, yakni Plus Expressways Berhard, dan sisanya 45% oleh PT Baskhara Sedaya.

Proyek tol Cikampek-Palimanan memperoleh fasilitas pembiyaaan sebesar Rp 3,9 triliun dari sindikasi 10 bank yang dipimpin (lead arranger) Bank Mandiri dan BCA. Sedangkan bank-bank yang terlibat adalah BNI, BRI, Bank y Panin, Bank Jabar-Banten, Bank Bukopin, Bank Jatim, serta Bank DKI.